Rabu, 23 November 2011

Software Untuk Backup Partisi Dan OS PC

Software untuk backup partisi dan system operasi seperti Windows dan Linux. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang Norton ghost? sebagai software yang cukup baik menangani backup dan restore baik satu harddisk penuh, partisi, maupun untuk membackup system operasi Windows dan Linux. Program ini mampu membuat file image dari suatu partisi atau system operasi yang ada didalamnya sehingga dapat disimpan atau dipindahkan ke harddisk atau komputer lain. alhasil anda tidak perlu repot jika ingin menginstall komputer lain atau komputer sendiri karena hanya perlu merestore file image ghost tadi lewat program Norton ghost ke dalam harddisk.

Kemampuan software norton ghost ini harus dibayar mahal karena program ini tidaklah gratis, anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli software norton ghost yang asli. Tapi jangan berkecil hati dulu, karena masih banyak program sejenis yang gratis alias open source yang benar-benar free. Freeware yang ini juga tak kalah hebat dengan “hantunya” norton karena sudah terbukti handal dalam membackup partisi dan OS seperti windows (XP, Vista, 7) dan linux. Freeware yang dinamakan Clonezilla ini seperti distro Linux yang bisa langsung dibooting dari cdroom atau flashdisk.



clone zilla live cd

Beberapa fitur Clonezilla:

   1. Free (GPL) software
   2. Mendukung file system:
          * ext2, ext3, ext4, reiserfs, reiser4, xfs, jfs of GNU/Linux
          * FAT, NTFS of MS Windows
          * HFS+ of Mac OS
          * UFS of FreeBSD, NetBSD, and OpenBSD
          * VMFS of VMWare ESX
          * System OS 32-bit (x86) atau 64-bit (x86-64)
   3. Mendukung LVM2 under GNU/Linux
   4. Mendukung Grub (versi 1 dan 2)
   5. Mendukung Multicast untuk Clonezilla SE (server edition)
   6. Dan lain lain

Clonezilla dapat didownload gratis di alamat:

http://www.clonezilla.org/downloads.php

Untuk menjalankan program ini terlebih dahulu bakar atau burn file clonezilla dan berekstensi .iso kedalam cd kosong dengan program iso maker seperti ashampoo atau nero. Setelah itu jalankan atau booting komputer dari cd clonezilla tadi setelah itu ikuti petunjuk yang diberikan. untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi clonezilla.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar